Pages

Selasa, 12 Oktober 2010

Empat Grand Slam Mustahil Buat Nadal

Shanghai - Dalam sejarahnya, hanya satu orang yang pernah memenangi empat turnamen Grand Slam dalam satu musim. Bagi Rafael Nadal, meraih prestasi mencengangkan itu sesuatu yang mustahil.

Nadal sedang menikmati salah satu musim terbaik dalam karirnya, dengan memenangi tiga Grand Slam di tahun ini, yakni Prancis Terbuka, Wimbledon dan AS Terbuka. Di Australia Terbuka ia kandas di perempatfinal karena mengalami cedera lutut.

"Buatku, memenangi empat titel (Grand Slam) tidaklah mungkin," ujar pemain nomor satu dunia itu di Shanghai, Selsa(12/10/2010), menjelang penampilannya di turnamen Shanghai Masters, di mana ia menjadi unggulan teratas.

"Aku akan terus berusaha main baik dan mencoba memenangi empat gelar tahun depan. Tapi itu bukan berarti empat turnamen Grand Slam. Aku rasa, hal itu mustahil," tandasnya, seperti dikutip Reuters.

Saat ini cuma Stefi Graff petenis yang mampu menjuarai empat Grand Slam dalam satu tahun -- disebut Golden Slam. Mantan ratu tenis asal Jerman itu melakukannya di tahun 1988. Istri Andre Agassi itu bahkan menambahkannya dengan medali emas di tahun yang sama.

Nadal sejauh musim ini telah mengoleksi tujuh piala. Selain tiga Grand Slam, ia juga menjadi pemenang di Monte Carlo, Roma, Madrid dan Tokyo. Total ia sudah memiliki 43 titel, sembilan di antara adalah Grand Slam.

Pemilik rekor Grand Slam terbanyak (16) di kelompok putra, Roger Federer, bahkan belum pernah mencetak Golden Slam. Ia pernah masuk final Grand Slam 10 kali berturut-turut, dari Wimbledon 2005 sampai AS Terbuka 2007, tapi ia selalu gagal di Prancis Terbuka. Bintang Swiss itu baru memenangi titelnya di Roland Garros di tahun 2009.

Sumber : Detiksport
Foto : AFP/Philippe Lopez



Tidak ada komentar:

Posting Komentar