Pages

Minggu, 10 Oktober 2010

Federer: Saya Masih Bisa Mendominasi

HONGKONG - Roger Federer masih sangat yakin dengan kemampuannya di atas lapangan tenis. Peraih 16 gelar grand slam tersebut mengatakan, dirinya masih bisa mendominasi dunia ayun raket ini, meskipun sudah kehilangan posisinya sebagai petenis nomor satu dunia, yang saat ini disandang Rafael Nadal.

Memang, masa keemasan Federer sudah mulai luntur, seiring "terbitnya" sang jagoan baru asal Spanyol, Nadal, yang memenangi tiga grand slam terakhir untuk menambah koleksi gelarnya menjadi sembilan. Meskipun demikian, Federer belum patah arang. Petenis Swiss ini menegaskan, dia masih punya motivasi yang kuat untuk menjadi juara, dan belum ingin pensiun dari olahraga tersebut, yang membesarkan namanya.

Pada tahun ini, Federer mengawali perjuangannya dengan memenangi gelar keempat di Australia Terbuka. Tetapi setelah itu, dia gagal di Perancis Terbuka dan Wimbledon, dan untuk pertama kalinya sejak 2003 gagal melangkah ke final AS Terbuka.

"Saya pikir, saya telah memainkan salah satu pertandingan tenis terbaik dalam hidupku di Australia Terbuka dan kemudian setelah itu, saya tidak beruntung karena dalam beberapa pertandingan saya kalah dengan match point," ujar Federer, Kamis (7/10/10).

"Kekecewaan terbesarku adalah di Wimbledon (yang dimenanginya sebanyak enam kali)," tambah pemain berusia 29 tahun tersebut, yang waktu itu dikandaskan oleh petenis Republik Ceko Tomas Berdych di perempat final.

Tentang Nadal, yang baru saja melengkapi koleksi gelar grand slam setelah memenangi AS Terbuka, Federer mengakui bahwa rivalnya tersebut sangat tangguh. Tetapi menurutnya, Nadal, yang unggul 14-7 dalam rekor pertemuan mereka, masih bisa dikalahkannya jika sedang dalam performa terbaik.

"Kisah di dunia tenis sangat cepat berubah. Saya sempat mengalami masa sulit dan kembali menjadi nomor satu dunia ketika tahun lalu memenangi Perancis Terbuka dan Wimbledon," ujarnya.

"Saya masih sangat yakin, bahwa ketika saya berada dalam kondisi terbaik, maka saya bisa mengalahkan siapapun. Saya bahkan bisa mendominasi. Akan tetapi, banyak pemain hebat di sekitar saya, yang bermain sangat bagus, termasuk Rafa, yang merupakan orang nomor satu yang sulit untuk dikalahkan," tambah Federer.

Sumber : Kompas.com
Foto : AFP/MIKE CLARK


Tidak ada komentar:

Posting Komentar