Pages

Sabtu, 02 Oktober 2010

Lenguhan Mampu Lemahkan Lawan

Jakarta - Beberapa petenis top dunia memiliki ciri khas yakni lenguhan. Ternyata lenguhan tersebut bukan hanya sebatas ekspresi, tapi juga bisa untuk "melemahkan" lawan.

Maria Sharapova, Elena Dementieva, dan Rafael Nadal adalah contoh petenis yang sering mengeluarkan lenguhan sembari melancarkan pukulan.

Hal tersebut memang sering mendapatkan keluhan. Meski begitu para petenis yang dikritik membela diri bahwa lenguhan itu adalah ungkapan "perasaan" kala memukul bola.

Dari hasil penelitian yang dilakukan ilmuan Amerika Serikat dan Kanada, lenguhan tersebut ternyata menjadi sarana yang cukup "manjur" untuk melemahkan lawan. Hasil dari penelitian ini ditampilkan di jurnal Public Library of Science ONE.

Peneliti memainkan 384 video klip dari petenis yang memukul bola kepada 33 mahasiswa/mahasiswi di Universitas British Columbia di Kanada.

Selanjutnya responden diminta untuk menebak dengan cepat ke manakah bola akan dipukul, ke kiri atau ke kanan.

"Ketika ada suara tambahan muncul di waktu yang berbarengan ketika bola dipukul, partisipan secara signifikan menjadi lebih lambat. Mereka juga lebih banyak mengambil keputusan yang keliru dalam jumlah yang signifikan," demikian hasil penelitian tersebut seperti dilansir dari AFP.

Ketua penelitian Scott Sinnet mengatakan lenguhan bisa menyebabkan pemain tenis untuk melihat bola yang melaju dengan kecepatan 80 kilometer per jam untuk menjadi 60 sentimeter lebih dekat dengan lawan daripada sebenarnya.

"Lenguhan membuat Anda kesulitan untuk fokus memperhatikan apa yang terjadi. Lenguhan menghalangi kemampuan untuk memperhatikan terhadap multi-sensory event," ujar Sinnet.

"Lenguhan menjadikan kemungkinan bahwa lawan sudah out dari posisinya semakin besar dan itu membuat pengembalian bola jadi lebih sulit," pungkas dia.

Sumber : Narayana Mahendra Prastya – detiksport
Foto : Getty Images

Tidak ada komentar:

Posting Komentar