Pages

Senin, 25 Oktober 2010

Swedia Spesial Buat Federer


Stockholm - Sudah 18 negara yang pernah menjadi saksi kehebatan seorang Roger Federer dalam mengumpulkan berpuluh-puluh piala. Swedia salah satu yang spesial untuk bintang tenis Swiss itu.

Mengalahkan Florian Mayer di final Stockholm Open, Minggu (24/102/10), Federer menambah koleksi gelarnya di musim ini menjadi tiga. Meski tak banyak, tapi secara total ia sudah memiliki 64 trofi, menyamai rekor salah satu petenis terhebat sepanjang masa, Pete Sampras.

Dengan begitu Federer cuma kalah dari tiga orang saja yang mampu memenangi turnamen lebih banyak, yakni Jimmy Conners (109), Ivan Lendl (94) dan John McEnroe (77).

Catatan lain adalah, Federer memenangi pertandingannya yang ke-50 di tahun ini pada hari Jumat lalu. Saat itu ia menjadi petenis kelima dalam sejarah, dan yang pertama sejak Sampras, yang mampu meraih 50 kemenangan dalam sedikitnya sembilan tahun berturut-turut sejak era Open.

"Luar biasa sekali bahwa saya berada di tempat Pete (Sampras) mengakhiri karirnya," ujar Federer dikutip AFP. "Kita tak pernah tahu kapan masa akhir Anda. Itulah kenapa Anda mau mengecap setiap kemenangan turnamen."

Rekor-rekor terakhir itu dibuat Federer di Stockholm (ibukota Swedia), dengan Putri Mahkota Victoria yang menyerahkan sendiri piala kemenangan untuk mantan pemain nomor satu dunia itu. Itulah kali pertama dalam satu dekade terakhir Putri Victoria menghadiri turnamen tersebut.

"Buat saya, setiap kemenangan turnamen adalah spesial. Ini salah satu yang pastinya akan saya ingat, mungkin lebih dari yang lain," tutur Federer.

Sejak memulai karirnya di level profesional di tahun 1998, meskipun sudah berjaya di mana, ini adalah kali pertama Federer meraih gelar juara di tanah Swedia. Sebelumnya ia pernah menjadi kampiun di 17 negara berbeda.

"Memenangi turnamen apapun itu rasanya luar biasa. Tapi lebih spesial lagi di sebuah negara yang saya tak pernah sukses sebelumnya," imbuh pria 29 tahun itu.

Sumber : Andi Abdullah Sururi – detiksport
Foto : (AFP/Getty Images)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar