Pages

Rabu, 27 Oktober 2010

WTA Tour Championships - Menang Lagi, Zvonareva ke Semifinal


DOHA - Petenis Rusia Vera Zvonareva kembali mendulang kemenangan di arena WTA Tour Championships, Rabu (27/10/10). Dalam pertandingan keduanya, unggulan kedua ini, yang tergabung di Grup Putih, menang straight set 7-6(4), 6-4 atas petenis Belarusia Victoria Azarenka.
Dengan demikian, Zvonareva sudah menyabet tiket semifinal turnamen ini meskipun masih menyisakan satu pertandingan melawan unggulan ketiga dari Belgia, Kim Clijsters. Kemarin, pemain nomor dua dunia ini juga menang straight set 6-3, 6-0 atas unggulan keenam dari Serbia, Jelena Jankovic.

Bermodalkan dua kemenangan dengan straight set tersebut, langkah Zvonareva menuju babak empat besar turnamen dengan sistem round robin ini sudah sulit terbendung. Dia mengantongi satu tiket semifinal dari Grup Putih.
Di awal pertandingan, Azarenka, yang baru memainkan partai pertama, tampaknya bisa meraih kemenangan karena sudah langsung memimpin 2-0. Tetapi, Zvonareva bisa bangkit dengan melakukan break di game ketiga, dan selanjutnya bisa menyamakan kedudukan menjadi 2-2.
Setelah itu, kedua pemain berhasil mempertahankan servisnya masing-masing, sehingga pemenang ditentukan lewat tiebreak. Zvonareva langsung mengambil keuntungan dengan melakukan mini-break, dan kemudian mengamankan dua servis yang dimilikinya untuk unggul 3-0. Di sinilah titik yang membuat Zvonareva akhirnya memenangi set pertama dengan tiebreak 7-4.

Seperti pada set pembuka, di awal set kedua pun Azarenka kembali menghentak. Unggulan kedelapan ini lagi-lagi membuat break di awal, sehingga kembali memimpin 2-0. Tetapi Zvonareva bisa mengejar lagi untuk menyamakan kedudukan, kemudian melakukan break di game ke-10 untuk menang 6-4, sekaligus mengakhiri duel berdurasi 2 jam 17 menit ini.
Kemenangan ini membuat Zvonareva memperpanjang rekor kemenangannya atas Azarenka. Kini, pemain berusia 26 tahun yang merupakan finalis Wimbledon dan AS Terbuka 2010 tersebut unggul 6-2 atas Azarenka, 21 tahun.

Selain itu, Zvonareva pun terus memberikan tekanan kepada pemain nomor satu dunia Caroline Wozniacki, yang wajib menang atas Samantha Stosur (baru akan bertanding), jika tak ingin tergeser. Pasalnya, jika Wozniacki, yang tergabung di Grup Marun, gagal mengalahkan Stosur, maka Zvonareva-lah yang akan mengakhiri tahun 2010 sebagai pemain nomor satu dunia.

Sumber : Kompas.com
Foto : AFP/KARIM JAAFAR

Tidak ada komentar:

Posting Komentar