Pages

Selasa, 14 September 2010

Nadal Jadi Puncak Kesuksesan Spanyol


MADRID— Keberhasilan Rafael Nadal menjuarai Grand Slam AS Terbuka semakin menambah cerah langit Spanyol, yang terus dilanda eforia karena para duta olahraganya meraih kesuksesan besar sepanjang tahun 2010. Tak ayal, petenis nomor satu dunia ini disanjung media-media Spanyol dan memberi gelar "legenda" kepadanya karena dia termasuk satu dari hanya tujuh orang dalam sejarah tenis yang melengkapi koleksi empat gelar grand slam.

Ya, tahun 2010 ini tampaknya menjadi puncak prestasi Spanyol. Setelah tim nasional sepak bola "El Matador" untuk pertama kalinya merengkuh gelar juara Piala Dunia di Afrika Selatan pada Juli lalu, kemudian pebalap sepeda Alberto Contador meraih gelar ketiga di ajang paling bergengsi Tour de France.

Kesuksesan "negeri banteng" itu menjadi lengkap setelah Nadal, juga untuk pertama kalinya menjuarai AS Terbuka. Sebelumnya, petenis kidal ini sudah merengkuh trofi Grand Slam Australia Terbuka, Perancis Terbuka, dan Wimbledon. Bahkan, gelarnya semakin lengkap karena pernah meraih emas di Olimpiade Beijing 2008—ini yang belum pernah digapai Roger Federer, sang peraih 16 gelar grand slam.

Keberhasilan Nadal di Flushing Meadows, untuk mengalahkan unggulan tiga dari Serbia, Novak Djokovic, dengan 6-4, 5-7, 6-4, 6-2, mendapat sambutan luar biasa di Spanyol. Harian dengan oplah terbesar di negara tersebut, El Pais, mengatakan, "Nadal termasuk dalam legenda tenis."

"Nadal masuk ke Olimpia," tulis harian El Mundo, yang menggambarkan bahwa olimpiade merupakan momen yang klasik.

Harian olahraga Marca dengan sederhana mengatakan, Nadal adalah "pemain terbaik di dunia"

Sumber : kompas.com Penulis: Aloysius Gonsaga AE   |   Editor: Aloysius Gonsaga Angi Ebo

Tidak ada komentar:

Posting Komentar