Pages

Minggu, 12 September 2010

Nadal Sampai di Final


New York - Rafael Nadal mencapai apa yang tak pernah ia capai sebelumnya: masuk final AS Terbuka. Tanpa kesulitan berarti pemain nomor satu dunia itu menundukkan Mikhail Youzhny di babak semifinal.

Dalam laga yang berakhir (Minggu 12/9/2010) dinihari WIB, Nadal menang tiga set langsung atas unggulan ke-12 asal Rusia itu, 6-2 6-3 6-4. Ini berarti ia belum kehilangan set sedari putaran pertama.

Lolos ke final di New York saja sudah merupakan sebuah sejarah buat Nadal. Sejak debutnya di tahun 2003, pencapaian terbaiknya adalah semifinal sebanyak dua kali, di tahun 2008 dan 2009. Kala itu ia dihentikan Andy Murray dan Juan Martin del Potro.

Kini, setelah menembus final di tahun ini, pria kidal itu juga berpeluang mencatat sebuah rekor lain, yakni memenangi tiga Grand Slam secara beruntun. Di tahun ini ia sukses menjuarai Prancis Terbuka dan Wimbledon.

Hanya Roger Federer, Pete Sampras dan Rod Laver yang pernah memenangi tiga Grand Slam secara berturut-turut dalam satu tahun. Nadal juga bisa mengekor sukses Federer, Andre Agassi, Don Budge, Roy Emerson, Laver dan Fred Perry sebagai petenis-petenis yang pernah menjuarai semua turnamen Grand Slam.

Lawan Nadal di final nanti adalah Roger Federer atau Novak Djokovic, yang saat berita ini diturunkan sedang bertanding di set pertama.

sumber : kompas.com-Andi Abdullah Sururi
foto : sport.espn.go.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar