Pages

Senin, 29 November 2010

ATP World Tour Finals - Nadal Bertemu Murray di Semifinal

LONDON - Rafael Nadal memastikan diri maju ke semifinal ATP World Tour Finals dengan sangat meyakinkan. Pada laga pamungkas penyisihan Grup A di O2 Arena, London, Jumat (26/11/10), pemain nomor satu dunia tersebut menang straight set 7-6(3), 6-1 atas pemain Republik Ceko, Tomas Berdych.

Dengan demikian, Nadal lolos sebagai juara grup setelah meraih tiga kemenangan. Di dua laga sebelumnya, Nadal menang 3-6, 7-6(5), 6-4 atas Andy Roddick sebelum menekuk Novak Djokovic dengan straight set 7-5, 6-2.
Di babak empat besar turnamen akhir tahun ini, Sabtu (27/11/10), Nadal akan menghadapi pemain Inggris, Andy Murray, yang menjadi runner-up Grup B. Peluang Nadal untuk menang cukup besar, karena secara head to head, dia unggul 8-4.

Sedangkan bagi Berdych, yang merupakan pemain debutan di turnamen ini, kekalahan tersebut hampir pasti menutup peluangnya menuju babak empat besar. Sebab, pemenang partai kedua nanti antara Djokovic vs Roddick, bakal jadi penentu siapa yang menjadi pendamping Nadal menuju semifinal.

Jika Djokovic menang, maka petenis Serbia inilah yang lolos. Tetapi sebaliknya, jika Roddick menang straight set dengan skor mencolok, maka petenis Amerika Serikat inilah yang berhak menyabet satu tiket tersisa ke semifinal, untuk menghadapi petenis Swiss, Roger Federer, selaku juara Grup B.

Berdych, yang mengawali turnamen ini dengan kekalahan 3-6, 3-6 dari Djokovic, dan bangkit di partai berikutnya dengan mengalahkan Roddick 7-5, 6-3, memberikan perlawanan yang sangat gigih di awal pertandingan, sehingga duel melawan Nadal berlangsung ketat dan seru. Alhasil, kedua pemain tak pernah kehilangan poin saat memegang servis, hingga terjadi tie-break setelah skor imbang 6-6.

Di awal tie-break ini, Nadal langsung melakukan mini-break, yang menjadi titik awal keberhasilannya untuk meraih kemenangan pada set pertama. Petenis Spanyol ini mengakhiri tie-break dengan 7-3.

Pada set kedua, permainan Nadal sangat fantastis sehingga tidak bisa dibendung oleh Berdych. Pada game keempat, Nadal melakukan break untuk memimpin 3-1, dan dia melakukan hal serupa di game keenam, sebelum mengakhiri duel berdurasi 1 jam 54 menit tersebut dengan 6-1. Kemenangan ini pun membuat Nadal memperbesar rekor kemenangannya atas Berdych menjadi 9-3.

Statistik menunjukkan, sepanjang pertandingan Nadal melakukan 4 ace, 1 double fault, 27 winner dan 13 unforced error. Sedangkan Berdych, yang kini menempati peringkat enam dunia, melakukan 3 ace, 6 double fault, 18 winner dan 32 unforced error.

Sumber : Kompas.com
foto : AFP/GLYN KIRK

Tidak ada komentar:

Posting Komentar