Pages

Kamis, 21 Oktober 2010

Lin Dan dan Kenangan Indah di London


Olimpiade London masih cukup lama jika dihitung dari sekarang, karena dua tahun lagi baru dihelat. Meskipun demikian, Lin Dan sudah punya target menghadapi multievent empat tahunan tersebut, yaitu mempertahankan gelar juara dunia tunggal putra.

Dua tahun lalu di Beijing, Lin Dan mempersembahkan medali emas bagi China. Pada partai puncak pesta olahraga terakbar di muka bumi tersebut, juara dunia tiga kali tersebut mengalahkan musuh bebuyutannya dari Malaysia, Lee Chong Wei.

Nah, menghadapi Olimpiade London, Lin Dan cukup optimistis dengan peluangnya. Pemain kidal, yang mengaku sudah bermain bulu tangkis sejak usia 6 tahun dan pada umur 12 tahun telah bergabung dengan tim junior ini, merasa London adalah kota yang sangat bersahabat dengan dirinya karena punya kenangan indah.

"Masih dua tahun lagi untuk pergi ke Olimpiade berikutnya (setelah Beijing). Selama persiapan ke sana, saya akan tampil di beberapa kompetisi bergengsi seperti Asian Games dan Kejuaraan Dunia, untuk tetap menjaga performa pada tahun 2012. Saya akan berusaha sebaik mungkin untuk mempertahankan gelar di Olimpiade," ujar Lin Dan, seperti yang tertuang dalam wawancara dengan Olympic Review.

"London adalah kota dengan sejarah yang hebat. Saya sebelumnya sudah pernah ke sana, ketika tampil di All England. Saya memenangi event tersebut tahun lalu, mengalahkan Lee Chong Wei, yang juga musuhku pada final di Beijing (Olimpiade).

Meskipun yakin dengan peluangnya tersebut, Lin Dan tetap mewaspadai para rivalnya. Menurut pemain berusia 27 tahun ini, di Olimpiade London nanti ada beberapa musuh berat, yang juga memiliki peluang besar jadi juara.

"Untuk dua tahun ke depan, pemain-pemain top seperti Lee Chong Wei dan Bao Chunlai bakal jadi pesaing berat. Selain itu, masih ada beberapa pemain baru yang siap mengancam, seperti Chen Jin dan Chen Long. Mereka semua adalah pemain bagus dan akan menjadi kompetitor utama saya di London."

Lin Dan saat ini sedang mempersiapkan diri menghadapi Asian Games XVI yang berlangsung di Guangzhou, Chin,a 13-21 November. Sebagai tuan rumah dan raksasa bulu tangkis dunia, China memasang target untuk menyapu bersih gelar di event tersebut.

Sumber : Kompas.com - Aloysius Gonsaga AE
Foto : AFP/SAEED KHAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar